Cara Mancagkok Tanaman pepaya

Cara Mancagkok Tanaman pepaya
Kita tau pepaya adalah salah satu buah yang sangat di gemari untuk kebutuhan makan tambahan sehari-hari, umumnya tanaman pepaya dalam proses penanamannya di hasilka dari benih yang benrbentuk  biji agar di hasikan tanaman yang yang bagus di butuhkan benih yang di hasilkan dari tanaman pepaya yang bagus pula.


Untuk memperoleh benih yang mempunyai kualitas super para petani harus membeli dari toko pertanian dengan harga yang cukup lumayan.
Cagkok adalah teknik yang lama di gunakan oleh petani tapi biasanya di gunakan pada tanaman sejanis sawo, magga dan lain-lain, apakah bisa di pakai untuk pepaya, jawabanya bisa.
Dalam proses cagkoknya tidak berbeda jauh dengan cagkok pada umumnya walaupun ada perbedaan tapi tidak banyak, teknik ini lumayan bagus di gunakan pada tanaman pepaya karna apabila ada pepaya yang sudah tidak berproduktif kita bisa memanfaatkannya sebagai bibit, berikut adalah cara proses cagkok pada tanaman pepaya.
Pemotonga batang- papada tahap pertama untuk meghasilkan cabang-cabag pada tanaman pepaya kita haru memotong batang pepaya dan tunggu sampai keluar cabang-cabang, ingat sebaiknya potonglah tanaman pepaya yang sudah tidak berproduktif lagi dan gunakan tanaman pepaya yang sudah di ketahui kualitasnya karna nantinya bibit yang di hasilkan akan sama denga tanaman pepaya yang di jadikan bibit.

Iris pada bagiang cabag pepaya seperti pada gambar  sisipkan kayu seperti yang terlihat pada panah

Tutup dengan mengunakan tanah cagkokan yang sudah di persiapan, bisa menggunakan plastik untuk membugkusnya atau bisa meggunakan sabut kelapa

Jangan lupa untuk melubangi plastik untuk mempermudah air masuk kedalam tanah dan udara dapat keluar masuk, tunggu sampai keluar akar lalu tanaman siap di potong, potong yang di tumjukan pada panah.



Setalah cagkokan keluar akar, tahap berikutnya adalah proses pemotongan.


Hasil proses cangkokan yang telah di potong siap untuk di  jadikan bibit


Tanaman siap untuk di tanam, bisa di tanam menggunakan pot ataupun bisa  tanam di lahan, semoga bisa di pahami cara proses cagkok pada pepaya dan semoga bermanfaat.






Loading...

Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - https://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool